Tips Wisata Murah

IMG_00001972_edit

Jakarta dan kota-kota besar di Indonesia menawarkan banyak hal gemerlap. Ada sejuta mimpi yang ingin diraih banyak orang di kota itu. Kesuksesan, karier, kemapanan, menjadi iming-iming yang membuat banyak putra daerah untuk merantau ke kota besar. Namun bagi yang sudah tinggal menetap di kota besar, mereka segera akan tahu bahwa tingkat stress dalam kehidupannya amat tinggi. Hingga akhirnya masyarakat banyak yang merasa membutuhkan liburan sebagai sarana refreshing.

Tapi, ternyata tak semuanya orang kaya yang punya banyak dana lebih untuk berwisata. Memang sih, banyak kalangan jet set yang bisa berlibur mewah sampai ke luar negeri. Tapi sebagian besar lainnya justru menghadapi kenyataan memiliki tingkat stress yang sama tingginya, namun mereka tak punya banyak dana untuk berwisata.

Berikut adalah sejumlah tips berwisata murah tapi tetap menyenangkan.

  1. Rencanakan liburan Anda kira-kira pada bulan Februari hingga Mei. Karena biasanya di bulan-bulan itu harga tiket dan hotel relatif lebih murah (low season).

  2. Usahakan jangan berlibur di akhir minggu, karena harga-harga akan jauh lebih mahal.

  3. Arahkan tujuan wisata Anda ke kota-kota wisata alam seperti Jogja atau Bali, jangan ke kota-kota wisata belanja seperti Batam misalnya.

  4. Siapkan waktu untuk berangkat pagi-pagi sekali atau di malam hari. Karena pada jam-jam itu biasanya banyak maskapai penerbangan menyediakan tiket penerbangan dengan harga promo.

  5. Bawalah barang-barang seperlunya saja, agar Anda tak perlu membayar lebih untuk bagasi. Hal ini juga berlaku untuk oleh-oleh. Bila Anda mau membeli oleh-oleh, belilah oleh-oleh yang bentuknya kecil, ringan, dan praktis masuk ke dalam tas.

  6. Belilah tiket dan voucher hotel di travel agent atau online. Mengapa? Karena Anda akan mendapatkan harga tiket dan hotel yang lebih murah (promo rate) daripada harga yang Anda dapatkan bila Anda membayar langsung ke hotel atau beli tiket langsung di bandara (walk in rate).

  7. Kalau tujuan wisata Anda adalah Bali, menginaplah di hotel-hotel yang ada di sekitar Jalan Puppies II atau di Jalan Raya Pantai Kuta. Karena di daerah ini terdapat banyak hotel bintang tiga ke bawah yang harganya lebih murah dibandingkan dengan hotel-hotel mewah yang ada di Jalan Pantai Kuta atau di sekitar daerah Kuta Square. Alternatif tempat lain juga sudah banyak berdiri homestay untuk backpacker.

  8. Bila Anda tidak membawa kendaraan sendiri, sewalah motor untuk berpergian wisata berkeliling. Selain lebih fleksibel, juga lebih irit daripada Anda harus bepergian naik taksi. Tempat penyewaan motor ini bisa dengan mudah Anda jumpai di Bali atau Jogja.

  9. Carilah tempat makan yang murah tapi bersih, yang bisa Anda jumpai di sepanjang pinggiran jalan kota wisata Anda. Bila di tempat makan itu tidak ada daftar menu yang mencantumkan harga makanan, tanyakan dulu harga makanannya sebelum Anda memesan. Apalagi jika Anda tidak menguasai bahasa daerah setempat. Ini dimaksudkan agar Anda tidak tertipu hingga harus membayar mahal.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk berwisata murah. Jangan lupa siapkan stamina Anda. Bawalah vitamin dan obat pribadi secukupnya. Karena kalau sampai Anda sakit, maka budget Anda akan membengkak. Selamat berlibur!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s